Penguatan Penerapan SPM di NTT: Perbaikan Tata Kelola Menuju Kepastian Layanan Dasar
Upaya penguatan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Nusa Tenggara Timur menunjukkan bagaimana penataan tata kelola, mulai dari disiplin data, koordinasi yang konsisten, hingga pendampingan berbasis klister, dapat mempercepat peningkatan kualitas layanan dasar bagi masyarakat. Setelah menghadapi tantangan geografis, kapasitas teknis yang beragam, dan minimnya tindak lanjut lintas perangkat daerah, peran provinsi direposisi dari sekadar pengawas menjadi pemampu yang memastikan kabupaten/kota bergerak terarah dan berbasis bukti. Perubahan ini membuahkan hasil nyata: capaian kinerja SPM meningkat signifikan, komitmen pimpinan daerah menguat, dan budaya kerja baru mulai tumbuh, di mana data menjadi kebiasaan, tindak lanjut menjadi tradisi, dan SPM digunakan bukan hanya sebagai kewajiban administratif, tetapi sebagai instrumen untuk menjamin hak masyarakat atas layanan dasar.
Tags:
Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) adalah Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dengan meningkatkan penyediaan layanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan di daerah tertinggal.
HUBUNGI KAMI
-
Jl. Jendral Sudirman Kav. 22-23 Jakarta 12920
Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) adalah Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dengan meningkatkan penyediaan layanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan di daerah tertinggal.
HUBUNGI KAMI
-
Jl. Jendral Sudirman Kav. 22-23 Jakarta 12920