SKALA Papua Barat Daya Luncurkan Program Perlindungan Hari Tua

18/07/2023

Pada tanggal 17 Juli 2023, Program SKALA turut mendukung Pemerintah Papua Barat Daya (PBD) dalam kegiatan peluncuran Program Perlindungan Hari Tua (PAITUA) oleh Penjabat (Pj.) Gubernur PBD, Bapak Muhammad Musa’ad dengan disaksikan oleh Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Stephen Scott. Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan serah terima untuk bagi pakai Sistem Informasi Manajemen BANGGA PAPUA dari Provinsi Papua, melalui penandatanganan Berita Acara Serah Terima antara Plh Gubernur Papua, Bapak Muhammad Ridwan Rumasukun dan Pj. Gubernur PBD.

Program PAITUA adalah inisiatif Pemerintah PBD yang muncul dari kepedulian atas situasi kehidupan para lanjut usia yang jumlahnya cukup signifikan, yakni sekitar 24.759 lansia. Para lansia tersebut umumnya tidak memiliki pendapatan yang memadai dan mulai menurun kondisi kesehatannya serta membutuhkan bantuan keluarganya. Program PAITUA diperuntukkan bagi masyarakat Papua Barat Daya yang berusia lansia diatas 65 (enam puluh lima) tahun untuk meningkatkan kesejahteraan, menurunkan kemiskinan.

Selain itu, program Paitua juga diharapkan dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan, dan meningkatkan daya beli masyarakat. adapun bantuan dana yang diberikan adalah sebesar Rp.250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) perbulan, dimana Rp.150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) berasal dari Provinsi, sementara Rp.100.000 (seratus ribu rupiah) berasal dari kabupaten/kota.

Guna memastikan agar semua calon penerima manfaat dapat tercatat dengan baik, proses pendataan dan verifikasi data akan dilakukan secara komprehensif. Penyaluran dana bantuan akan dilakukan melalui Bank BRI, sehingga dapat meningkatkan akses masyarakat ke perbankan, sekaligus membantu meningkatkan cakupan layanan kependudukan karena calon penerima manfaat yang belum memiliki dokumen kependudukan akan difasilitasi untuk mengurus dokumen kependudukan agar memenuhi syarat penerima bantuan.

Sebelumnya, pada kesempatan berbeda, Wapres mengutarakan penilaiannya terkait program PAITUA yang tepat karena merupakan salah satu upaya nyata untuk mengurangi kemiskinan. “Karena memang masalah hari tua ini menjadi momok dan menjadi sumber ketidaksejahteraan, maka salah satu yang harus juga menjadi perhatian adalah pelayanan kepada orang tua,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan keterangan persnya usai menghadiri Peletakan Batu Pertama Sentra Sarana Prasarana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya, di Stadion Wombik, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Selain itu, Wapres juga turut menyerahkan secara simbolis bantuan Program PAITUA kepada perwakilan penerima manfaat yakni Ibu Ance sok dan Bapak Isak Sawisa. Lebih lanjut Wapres meminta agar pendistribusian dana PAITUA ini dapat bersinergi dengan program Pemerintah dalam memberantas kemiskinan, terutama kemiskinan ekstrem dengan merujuk pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) adalah Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dengan meningkatkan penyediaan layanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan di daerah tertinggal.

HUBUNGI KAMI

Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) adalah Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dengan meningkatkan penyediaan layanan dasar bagi masyarakat miskin dan rentan di daerah tertinggal.

HUBUNGI KAMI

SKALA dikelola oleh 

SKALA @ Copyright 2023